Jumat, 22 Juli 2011

Menu Berbuka a la Chef Ayu


Saya lupa persisnya kapan minta Ayu, temen saya sepengurusan KOPMA dulu ngajarin saya masak, yang jelas baru kesampean hari ini. Dia itu hobi masak terus enak juga masakannya (yasudahsih, singkatnya dia jago masak) jadi tepatlah jika saya minta dia buat berbagi ilmunya.

Biar hasilnya banyak dan bisa dibagi-bagi juga ke aliefha & sisterfillah crew, saya minta Ayu buat bikin penganan aja. Nah kebetulan waktu pulang ke rumah ada kacang ijo yang entah merk apa itu yang katanya Ibu saya sih, enak. Jadilah saya bawa kacang itu ke kosan.

Awalnya sih saya cuma bawa kacang ijo buat cemilan gitu. Kebetulan ada di rumah dan kata ibu saya  Ternyata eh ternyata pas kita janjian itu, hari Senin, Ayu milad ke 2x (dirahasiakan) jadilah kita ngeborong bahan di Harmony. Menu yang dibuat untuk syukuran dan berbuka itu adalah: Bubur Kacang Hijau, Tumis Sayur, dan Rolade Teriyaki yang habis diserbu sama bersepuluh :9

***
Bubur Kacang Hijau a la Ayu

Bahan:
500 gr kacang hijau
1 ruas jahe
300 gram gula merah, iris tipis/ parut
1 sdt vanili
santan dari 1 buah kelapa parut
gula, garam, air secukupnya
1 pak roti tawar
susu kental manis/ syrup framboise secukupnya

Cara Membuat:
1. rebus kacang hijau hingga air mendidih, tiriskan dan sisihkan
2. didihkan santan sambil diaduk terus-menerus agar santan tidak pecah
3. masukkan irisan gula merah, aduk hingga merata
4. masukkan kacang hijau, vanili, serta gula
5. masak hingga kacang hijau matang
6. sajikan dengan roti dan susu kental manis/ sirup framboise

catatan:
1. kemarenan kita ngerebus kacang hijaunya di magic com, lebih cepet mateng dan hasilnya jadi lebih empuk
2. berhubung kita anak kostan di tengah perkostan yang padat, kita pake vanili sebagai pengganti daun pandan yang biasanya kita temui di rumah tetangga di kampung :')

Tumis Sayuran

Bahan:
200 gr kol, iris
200 gr wortel, iris serong
1 ikat sawi hijau, iris
1 buah kemiri
5 siung bawang putih
1/2 siung bawang merah
1/2 bks ladaku
minyak goreng, air, garam dan gula secukupnya

Cara Memasak:
1. Haluskan bawang putih, bawang merah, lada, kemiri, dan garam
2. Tumis bumbu halus hingga hampir kering, masukkan kol, aduk rata
3. Masukkan wortel, aduk rata hingga wortel empuk
4. Maukkan sawi hijau, aduk rata
5. tambahkan air secukupnya, 
6. tambahkan garam dan gula secukupnya
7. Masak hingga matang, angkat

Catatan:
kemiri dipake untuk pengental (fungsinya sama seperti maizena)
karena kita (sekali lagi) anak kos dan Erna (anak kos Aliefha) ga suka kembang kol, jadi sayurnya ya terbatas itu. Kalo ditambahin brokoli, baso, kapri, jamur kuping, sama kembang tahu kayanya enak tuh :9

Rolade Teriyaki

Bahan:
12 buah rolade ayam/ sapi
3 siung bawang bombay
2 buah Saori saus teriyaki

Bumbu halus:
4 siung bawang putih
1 siung bawang merah
2 buah kemiri
1 bks lada /secukupnya
garam secukupnya

Cara Membuat:
1. Haluskan bumbu halus, sisihkan
2. panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga garing, masukkan bawang bombay, tumis hingga harum
3.  masukkan rolade, masak hingga setengah matang
4. masukkan saus tiram dan air, aduk rata
5. masak hingga matang

***
Yeeeei akhirnya jadi juga tiga menu ini dalam waktu dua jam :). Ayu sebagai chef, saya sebagai asisten chef 1 (tukang motong, ngulek, ngoseng, dan nyicip karena Ayu lagi shaum), Hannyong sebagai asisten chef 2 (spesialis potong bawang) dan Inten sebagai asisten chef 3 (penjaga rebusan kacang ijo :D) sukses membuat perut sepuluh orang terisi dengan puasnya. Ditambah lagi Anggi dateng sambil bawa Fanta, makin manteplah buka sambil syukuran bareng itu. Sayangnya ngga ada kamera yang mengabadikan momen itu yaa. Terus dengan dodolnya saya ngga bawa wadah apapun ke Aliefha jadi bubur kacang ijonya ga bisa dibawa pulang. Krik krik.

Teknik masaknya Ayu beda sama saya, itu yang saya pelajari Kamis lalu. Untuk kesempatannya, makasih Ayu... :))

0 komentar:

Poskan Komentar

girl's stuff

bagja kana Sunda

Taujih

 

Titik Senyap Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by Buy Engagement Rings | Infidelity in Marriage by Blogger Templates