Kamis, 29 September 2011

Tentang Judul


"Hmm judulnya apa yaa...kok kata-katanya biasa aja. Padahal momennya ngga segitu biasanya. Hmm.. ini? Ah, jangan. Itu? loh ko ga nyambung sama ceritanya..."


Kalo lagi nulis, apapun..entah curhat, artikel, fiksi, puisi...suka bingung ga sih buat nyari judul? Judul yang simpel, tapi catchy. Tentunya tulisan yang udah kita bikin sepenuh hati, pengennya dibaca dan diapresiasi banyak orang, kan? Bahkan kadang ada tulisan asal pun, kita pengen banyak orang baca tulisan kita u,u.

Nah, hal yang sama terjadi sama saya. Jujur saya bukan orang yang punya kreativitas memadai dalam sastra. Perbendaharaan kata pun ngga banyak. Beberapa momen yang ingin saya share di sini, stuck gitu aja ketika saya mikirin judul. Akhirnya ketika saya googling, saya nemu dua tipe tips membuat judul yang menarik. 

Yang satu, tipsnya berfokus ke kata-kata yang seringkali diketikkan orang di Google Machine, terutama yang lagi cari solusi atas masalahnya atau kepepet tugas. Sebaliknya yang kedua, tipsnya konsen ke gimana cara bikin judul yang kira-kira menarik pembaca yang emang lagi niat, misalnya yang emang suka baca blog, atau hobi blogwalking. Ngerti kan ya bedanya... 

Menurut tips tipe pertama, judul yang menarik adalah judul yang menggunakan...
1. Bagaimana (how to)
Kata bagaimana menunjukkan sesuatu yang bermanfaat:
Bagaimana Memperoleh Lebih Banyak Backlink ke Blog Anda

2. Rahasia
Rahasia mengandung arti sesuatu yang tidak atau belum diketahui oleh banyak orang. Secara harfiah, manusia akan tertarik kepada sesuatu yang bersifat rahasia.
Rahasia Memperoleh Backlink untuk Blog 

3. Pertanyaan
Judul yang mengandung pertanyaan mendorong pembaca untuk terlibat dalam topik yang ditulis.
Apa Cara Terefektif dalam Memperoleh Backlink?

4. Daftar
Daftar sangat mudah dipahami dan dimengerti oleh pembaca. Angka yang konkrit lebih menarik pengunjung untuk membacanya.
10 Strategi Terampuh Memperoleh Backlink untuk Blog Anda

5. Bagaimana Saya Melakukan Sesuatu
Ini merupakan pemaparan pengalaman pribadi yang bukan sekadar teori sehingga pembaca akan menyukainya.
Bagaimana Saya Memperoleh 100 Backlink dalam Satu Bulan

6. Inilah Cara Termudah untuk [melakukan sesuatu]
Umumnya orang menyukai cara termudah dan tercepat dalam melakukan sesuatu dengan hasil yang memuaskan.
Inilah 5 Cara Termudah Memperoleh Backlink untuk Blog Baru Anda

diambil dari:
http://www.blogodolar.com/6-cara-mudah-membuat-judul-yang-menarik-minat-baca-pengunjung/

Cara-cara ini memang terbukti ampuh untuk meningkatkan kunjungan dengan jumlah yang cukup signifikan. Tapi yaa tentu saja banyak kekurangannya. Salahsatunya adalah, trik seperti ini hanya dapat diterapkan untuk artikel berjenis tips atau hal-hal yang sifatnya pengetahuan atau penambah wawasan. Sedang untuk jenis tulisan lain seperti fiksi atau yang sifatnya nyastra tentu tidak cocok dengan judul-judul seperti itu. Lalu, bagaimana cara membuat judul yang menarik lainnya?

Tipe yang kedua, lebih general sifatnya. Dalam artian, tips ini mudah saja diterapkan pada berbagai jenis tulisan. Menurut tips yang kedua, judul yang menarik itu...

1. Pilih judul yang konkrit, bukan abstrak

"Cinta Segitiga Rani" lebih menarik dibandingkan dengan "Cinta yang Sulit" atau hanya "Rani".

2. Pilih judul yang unik, berbeda. Keunikan dan keberbedaan akan menjadi daya tarik tersendiri untuk tulisan yang kita buat.

"Fokus! Fokus! Fokus!” lebih menarik daripada sekedar “Fokus” atau “Membuat Blog Yang Fokus.”
lihat juga:
“Fitrinya Hati Fitri” lebih berbeda ‘taste’-nya dibanding “Fitri yang Baik” atau “Fitri yang Suci”. Susunan kata dan iramanya kedengaran unik dan menarik. 
Atau bisa juga membuat judul yang memuat kontradiksi/ hal yang berkebalikan, misalnya: "You 
Love Me, You Love Me Not”

3. Buat judul yang memancing panca indera

Jangan hanya melibatkan indera penglihatan pembaca. Namun sebisa mungkin libatkan pikiran pembaca untuk membentuk persepsi bagus terhadap kalimat. Kata Ust. Salim A. Fillah dalam Workshop Kepenulisan Creamosfair Polban, kata-kata yang berhubungan dengan panca indera itu lebih terasa dan lebih menarik pembaca. Hal ini dibuktikan dalam buku-buku beliau yang selalu best seller itu (Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim, Dalam Dekapan Ukhuwah, dll.)

4. Judul harus membangkitkan emosi.

Pastikan judul tulisan Anda tidak membosankan. Judul harus menunjukkan, bukan memberitahu. Inilah yang menjadikan artikel Anda menjadi hidup. Jika memungkinkan, selalu gunakan kata kerja. Jangan gunakan judul membosankan yang terdengar klise. Ini adalah contoh judul klise: Cara Menurunkan Berat Badan. Langkah ini justru berkebalikan dengan tipe pertama tadi, ya. Tetapi seperti yang saya bilang tadi, karena beda orientasinya, ya beda triknya juga.

dari berbagai sumber.

Hem, demikian poin-poin yang saya temukan. Moga bermanfaat, buat saya juga buat pembaca :).

0 komentar:

Poskan Komentar

girl's stuff

bagja kana Sunda

Taujih

 

Titik Senyap Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by Buy Engagement Rings | Infidelity in Marriage by Blogger Templates