Senin, 06 Juni 2011

Cake Pisang Karamel


Hmm ini resep yang saya coba di rumah selama liburan dan Alhamdulillah sukses, meski buruk rupa gara-gara loyangnya miring (nyalahin loyang). Bikinnya relatif mudah dan sudah teruji di dapur kanesty ^^v. Selamat mencoba!!


Bahan:
·      120 gr            dark cooking chocolate
·      30 ml              air panas
·      280 gr             terigu
·      ¼ sdt              garam
·      1 sdt               soda kue
·      140 gr             mentega
·      250 gr             gula pasir
·      3 butir             telur
·      2 butir             putih telur
·      200 gram        pisang ambon matang, haluskan
·      ¼ sdt              vanila
·      120 ml            susu cair

Filling (Karamel):
·      200 gr             gula pasir
·      150 ml             susu cair
·      2 sdm              mentega
·      2 sdm              tepung maizena, larutkan dengan 3 sdm air

Ganache u/ menghias, campur dan aduk hingga rata:
·      200 gr             dark cooking chocolate, potong-potong
·      100 ml             krim kental, panaskan

Cara Membuat:
1. Lelehkan dark cooking chocolate dan air sambil diaduk, angkat
2. Ayak terigu dan soda kue. Beri garam, aduk rata. Masukkan mentega, kocok hingga merata.
3. Tambahkan campuran cokelat, aduk rata. Masukkan terigu, vanila, susu cair sambil diaduk hingga rata
4. Tuang ke dalam 2 buah loyang yang telah dioles mentega dan dialasi kertas roti.
5. Oven 180 derajat Celcius 45 menit, angkat dan dinginkan
Filling:
6.  Panaskan gula hingga meleleh atau menjadi karamel. Tuang susu cair, masak hingga gula larut. Masukkan mentega, aduk rata. Tuang larutan maizena. Masak hingga mengental. Angkat, dinginkan.

7. Ambil salah satu cake, oleskan karamel lalu tumpuk dengan cake lainnya.
8. Hias atasnya dengan ganache.

***
Sekedar cerita:
Waktu membuat karamel, saya menggunakan api kecil dan mengaduknya terus-menerus agar gulanya ngga gosong. Kalo gosong nanti rasanya pahit.
Terus kalo nanti kuenya mengembang banget, bisa aja masing-masing cake dipotong menjadi dua bagian terus di antaranya diisi filling, baru nanti ditumpuk lagi.
Saya memanggang adonan menggunakan microwave dan karena panasnya stabil dan datang dari dua sisi, waktu pemanggangan pun saya percepat, kurang lebih 20-25 menit saja.
Saya menerjemahkan kocok=pakai mixer, aduk=pakai sendok pengaduk. Kalo perintahnya aduk tapi tetep pake mixer, nanti jadinya adonannya terlalu lembut. Fatal akibatnya kalo lagi bikin kue kering sih, karena adonannya jadi ngga bisa dibentuk. Kalau untuk adonan cake saya kurang tahu (belum pernah iseng coba hhe)

0 komentar:

Poskan Komentar

girl's stuff

bagja kana Sunda

Taujih

 

Titik Senyap Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by Buy Engagement Rings | Infidelity in Marriage by Blogger Templates