Jumat, 04 November 2011

Agar Tak Merugi saat Bulan Haji


Bulan Haji, tahukah pembaca bulan apa sebenarnya yang dimaksud?

Ialah Dzulhijjah, yang karena kemuliaannya dijadikan bulan haram selain bulan Dzulkaidah, Muharram, dan Rajab. Hanya di bulan inilah seluruh ummat Islam di belahan dunia manapun menyempurnakan rukun islam dengan menunaikan rukun kelima: berhaji. Allah menjanjikan begitu banyak pahala dan keutamaan bagi muslim yang menunaikan ibadah haji. Pada 9 Dzulhijjah, Allah dengan penuh rahmat, mengabulkan doa apapun yang dipanjatkan oleh peserta haji yang berwukuf di bukit Arafah. Tanpa terkecuali, tanpa ada yang menghalangi. Lalu, bagaimana nasib kita yang hajinya masih sebatas impian?

Sungguh Allah Maha Adil, Maha Penyayang. Bagi kita ummat muslim yang masih belum mampu melaksanakan ibadah haji, tetap ada amalan mulia yang dapat kita lakukan. Cukup dengan shaum seharii saja, Allah mengampuni dosa kita selama dua tahun:

 Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ
Puasa satu hari Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah), aku berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya. Puasa hari 'Asyura' (tanggal 10 Muharram), aku berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya.” (HR. Muslim, no 1162, dari Abu Qatadah).
Coba inget-inget, itung-itung dosa tahun kemaren aja. Keitungkah? Itu baru yang tampak, belom ditambahin sama dosa yang ngga kita sadarin. Belom dosa tahun depan. Ngga kebayang. Nah, mumpung ada special offer, rugi dong kalo ngga dimanfaatin? grab it fast kalo kata iklan :D.

Btw udah tanggal 8 Dzulhijjah sekarang. So, niatin dari sekarang untuk shaum Arafah besok. Insya Allah kalo niatnya udah penuh, jalannya juga dipermudah sama Allah. Dimudahin bangun sahurnya, dilancarin shaumnya, dipenuhi ganjaran shaumnya :)).
Buat yang mau tahu lebih banyak lagi soal shaum Arafah ini, sila kunjungi link-link berikut:
dibahas mengenai dosa macam apa yang diampuni, bagaimana maksud dari pengampunan dosa tahun mendatang, waktu yang tepat untuk melaksanakan shaum Arafah, dan baaanyaak lagi. Semoga berkah!

0 komentar:

Poskan Komentar

girl's stuff

bagja kana Sunda

Taujih

 

Titik Senyap Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by Buy Engagement Rings | Infidelity in Marriage by Blogger Templates