Selasa, 12 Juni 2012

[Jalan-Jalan] Jakarta: Ragusa!


"Ragusa kok ada di Jakarta? Bukannya itu nama kota di Italia ya?"

Ehm, bukan Ragusa yang itu yang mau saya bahas disini. Tapii, sebuah toko es krim yang legend banget disini. Sedari berdirinya (ga jauh beda sama Njonja Meneer, Ragusa udah ada dari tahun 1932) sampai sekarang, Ragusa ini tetap bertahan, tidak hanya cita rasa namun juga suasana tokonya: serba tempoe doeloe. Bentuknya sederhana: sepetak kios dengan banyak pedagang asongan di depannya: tukang sate, rujak juhi, asinan, otak-otak, juga kue cubit. Letaknya ada di Jalan Veteran no.10 Jakarta Pusat, antara Monas dan Istiqlal.
Kalau lagi beruntung, kita bisa langsung dapet tempat duduk. Kalo ngga (dan emang biasanya juga ngga lucky) ya kita bakalan menemukan kondisi kursi terisi penuh, jadi kita harus ngantri dulu, nunggu yang lain selesai makan, baru kita bisa duduk manis di kursi anyaman dan menunggu pelayan yang dateng. Mungkin selain adanya pengunjung yang ingin icip-icip, yang mampir kesitu juga cucu-cicitnya pelanggan terdahulu. Makanya sampai sekarang, ini toko masih laris maniisss. 
Iseng-iseng saya amatin, suasana Ragusa ini sama persis dengan suasana toko roti jadulnya Tansen di Madre karya Dewi Lestari. Tanpa ekspansi, perabotan serba tempo dulu, dan dijalankan oleh keluarga (kaya kokoh-kokoh dan cici-cici). Selalu ada rasa nyaman waktu duduk-duduk disitu...kalau lagi lumayan sepi :). Seringkali saya ngga ngerasa pewe karena ramainya suasana toko. Apalagi kalo ada yang ngamen atau merokok, uh..bawaannya pengen cepet-cepet.

Bukan cepet-cepet keluar toko sih, tapi pengen cepet-cepet nalapung orang itu keluar toko :|. Ah eniwei, mari segera kita intip menu-menunya. Disini cuma jual es krim sama minuman. Selain itu, bisa pesen sama pedagang-pedagan di depan Ragusa. Kalo kita pesen es krim,otomatis dapet segelas air dingin. Kalo pesen es krimnya satu buat berdua? ya tetep, dapet airnya cuma segelas aja :p *berdasar riset loh*. Harganya berkisar antara 12.000-27.000 IDR. Untuk yang masih bermental mahasiswa kaya saya, akan jauh lebih untung kalo pesen yang 27.000 sekalian (dapet banana split atau sphagetti ice cream yang porsinya gede) dibanding es krim satu scoop seharga 12.000 :D. Ini pilihan-pilihan menunya:

1. Sphagetti Ice Cream


Menu Unggulannya Ragusa nih. Mana ada toko es krim lain yang jual :D. Ini adalah es krim vanilla yang dibentuk kaya sphagetti. Disiram sauscokelat, kacang, dan sukade, asli yummy dan mengenyangkan. Sphagetti Ice Cream ini dibanderol seharga 27k.







2. Banana Split


Hmm..banana split yaa banana split. what else? haha. Tiga scoop es krim aneka rasa (biasanya strawberry-vanilla-chocolate, tapi pernah saya dapet kombinasi strawberry-nougat-chocolate..mungkin karena vanillanya udah abis yaa), diapit dua slice pisang, disiram saus cokelat, kacang, dan sukade..Jangan ditanya, tingkat kepuasan konsumen maksimal disini. It's my favourite menu :9. Ohya, harganya juga 27k.





3. Cassata Siciliana



Emm..jadi..ini..adalah.. *bingung sendiri* Gabungan dari es krim cokelat, vanilla, strawberry, nougat, terus ada semacam kue apa bolu gitu disitu (bisa diintip, warnanya ijo). Belom pernah pesen yang ini sih, tapi banyak pelanggan yang recommend ini juga. Harganya 23k. Selain itu, ada juga Tutti Fruti, mirip cassata tapi ga ada bolunya. harga sama :D




4. Special mix

Izinkan saya minta maaf kenapa gambar es krimnya pas lagi meleleh..karena ini juga saya comot di mbah google :p. Yak, ini adalah empat scoop rasa dasar eskrim ragusa: vanilla, cokelat, nougat, dan strawberry. Harganya 18k. Sungguh jauh lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan harga satuan scoopnya yaitu 12k.



Ada juga rum raisin, tapi berhubung saya ga pernah nyicip, jadi ga bisa saya ceritain deh..Silakan coba aja sendiri ya, hehe. Sedang untuk minuman, saya ngga nyaranin pesen aqua botol karena selain dengan 4k itu yang kita dapatkan bukan merk Aqua, kita juga udah dapet air minum dingin gratisan (kalo ga pesen minum). Yang saya paling rekomendasikan adalah es kelapa muda. Serutan kelapanya yang soft..terus ada sirupnya juga (kaya campolay kali ya, saya agak lupa). Enak deh...

Es krim ini emang cenderung lebih cepat mencair karena bahan pembuatannya yang alami (juga berkualitas tinggi). Rasanya, kebanyakan temen saya bilang standar. Rata-rata rasanya lembut dan ngga terlalu manis. Tapi btw, setiap kali saya dateng kesana, semakin saya ketagihan sama es krim vanillanya :9. Yuk coba mampir, ga afdol kalo ngaku suka es krim tapi belom pernah kesini ;).

pertama berkunjung..masi pesen sendiri-sendiri

lama-lama pesen satu buat berdua :D


0 komentar:

Poskan Komentar

girl's stuff

bagja kana Sunda

Taujih

 

Titik Senyap Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by Buy Engagement Rings | Infidelity in Marriage by Blogger Templates